Menuju WBK dan WBBM MAN 2 Kebumen Lakukan Evaluasi Zona Integritas Tahun 2024 Bersama Menpan RB

MAN 2 Kebumen Jumat, (11/10/2024) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kebumen terus berkomitmen untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani dengan mengikuti program Zona Integritas (ZI). Pada tahun 2024, MAN 2 Kebumen melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Zona Integritas yang dipimpin oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) secara daring dengan pemaparan overview dari Kepala Madrasah, Jumat(11/10/2024) di aula madrasah.

Turut hadir dan mendampingi penilaian ZI MAN 2 Kebumen, Kepala Kankemenag Kab. Kebumen Sukarno, Kabid Ortala Kanwil Provinsi Jawa Tengah Nurkholis dan Ningrum, Pengawas MAN 2 Kebumen Fauzi Maksum, para Waka MAN 2 Kebumen, dan anggota Zona Integritas MAN 2 Kebumen.

Evaluasi Zona Integritas ini merupakan bagian penting dari upaya madrasah dalam mewujudkan lingkungan pendidikan yang bebas dari korupsi dan birokrasi yang lebih profesional. Program Zona Integritas sendiri adalah salah satu langkah strategis pemerintah dalam memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama di sektor pendidikan.

Dalam evaluasi yang berlangsung, pihak Kemenpan RB meninjau beberapa aspek kinerja MAN 2 Kebumen, termasuk manajemen pelayanan publik, Kewirausahaan, pengelolaan sumber daya manusia, serta penerapan reformasi birokrasi di lingkungan madrasah. Hasil evaluasi ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang konstruktif bagi MAN 2 Kebumen untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola.

Kepala MAN 2 Kebumen, H. Akhmad Taukhid, M.Pd., menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik evaluasi ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas. "Kami selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para siswa dan masyarakat. Evaluasi ini akan menjadi tolok ukur kami dalam memperbaiki berbagai aspek layanan dan pengelolaan pendidikan di MAN 2 Kebumen," ujarnya.

Zona Integritas di MAN 2 Kebumen telah diterapkan dengan berbagai inovasi, seperti penerapan teknologi dalam pelayanan administrasi, peningkatan fasilitas seperti Boarding School, Kewirausahaan, Pelayanan Publik yang baik, cepat tanggap, serta peningkatan kualitas SDM yang lebih kompeten. Hal ini menunjukkan keseriusan madrasah dalam membangun sistem pendidikan yang bersih, profesional, dan berintegritas.

Menpan RB, yang diwakili oleh tim evaluasi, memberikan apresiasi atas berbagai upaya yang telah dilakukan MAN 2 Kebumen dalam menerapkan Zona Integritas. Diharapkan MAN 2 Kebumen dapat menjadi contoh bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mengimplementasikan program reformasi birokrasi dan tata kelola yang baik.

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Sukarno usai mengikuti kegiatan Memberikan apresiasi dan selamat kepada MAN 2 Kebumen yang lolos ke tahap Penilaian dari Tim Penilai Nasional.

“Selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh tim atas pencapaian luar biasa ini. Penilaian dari Tim Penilai Nasional adalah  hasil dari kerja keras, komitmen, dan dedikasi tanpa henti dalam mewujudkan pelayanan yang bersih dan transparan” Ucap Sukarno

Evaluasi Zona Integritas ini merupakan salah satu langkah strategis bagi MAN 2 Kebumen dalam mencapai predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yang menjadi indikator keberhasilan reformasi birokrasi di lingkungan pendidikan. (Mn)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama