MAN 2 Kebumen Gelar Sosialisasi Pemilu dalam Rangka Implementasi P5RA

MAN 2 Kebumen_ Dalam rangka implementasi P5RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lilallamin) MAN 2 Kebumen menyelenggaran sosialisasi pemilihan umum dengan narasumber langsung dari KPU Kabupaten Kebumen Bapak Heri Purnomo, S.Pd. selaku anggota KPU divisi Teknik Penyelenggaraan. Pelaksanaan yang berlangsung di aula madrasah Jumat(20/09/2024) diikuti oleh seluruh siswa kelas X, perwakilan kelas XI dan XII, serta Bapak/Ibu guru pendamping.

Kegiatan yang memiliki tujuan sebagai wadah pengembangan pengetahuan dalam pemilu ini mengajak siswa MAN 2 Kebumen untuk mengenal pentingnya memilih pemimpin, khususnya keikut sertaan siswa MAN 2 Kebumen dalam pemilihan ketua osis yang akan segera diselenggarakan di MAN 2 Kebumen. Meski belum memiliki hak memilih dalam pemilu, namun pengetahuan yang dipupuk sejak dini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bagi peserta didik untuk lebih tanggap seputar pemilu dan bisa diimplementasikan pada pemilihan ketua osis mendatang.

Pada materi yang disampaikan, Heri Purnomo mengajak seluruh peserta didik dan seluruh peserta untuk lebih mengenal calon yang akan menyalonkan lewat visi misinya. Beliau menghimbau untuk memilih bukan berdasarkan iming-iming semata melainkan harus mengenal lewat visi misi dan mampu memahami maksud dan tujuannya. “ Kalau mau memilih, kita sebagai pemilih harus tahu dulu visi misinya, cermati betul jangan sampai kita tidak mengenal calonnya, karena itu sangat berdampak pada kelangsungan kita,” Ungkap Heri.

Diselala-sela materi yang disampaikan Heri juga mengajak peserta sosialisasi untuk mengecek data diri di aplikasi online KPU dengan mengecek DPT secara online. Hal ini berguna sebagai wadah untuk mengetahui apakah nama kita sudah memiliki hak untuk memilih pada tahun berjalan.

Beliau juga berpesan untuk memastikan kita sebagai pemilih agar lebih mengenal mekanisme pemilihan sebelum memilih. Jangan sampai salah dalam memilih yang berakibat fatal bagi diri sendiri. dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa MAN 2 Kebumen memahami bagaimana tata cara dalam pemilihan Pemimpin khususnya pemilihan Osis mendatang.(Mn)

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama