Ajang Perlombaan KSM di MAN 2 Kebumen: Kompetisi Sains Penuh Semangat




Kebumen, 1 Juli 2024 – Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 2 Kebumen menjadi tuan rumah pembukaan ajang kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten. Acara yang berlangsung selama tiga hari tanggal 1 Juli sampai dengan 3 Juli  berlangsung dengan meriah dan penuh semangat. Di ikuti oleh 480 peserta dari 3 jenjang, MA,MTS dan MI, dengan tiga lokasi yang berbeda. Dimulai Senin ini, peserta jenjang MA mengikuti perlombaan di MAN 2 Kebumen, dilanjutkan jenjang MTS berlokasi di MTSN 2 Kebumen, dan terakhir jenjang MI di MIN 4 Kebumen.


Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di madrasah serta memotivasi siswa dalam mengeksplorasi pengetahuan di bidang sains dengan mengintegrasikan muatan agama.


Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Drs. H. Sukarno,M.M., yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kompetisi ini sebagai sarana pengembangan potensi siswa.”KSM bukan hanya tentang Kompetisi, tetapi juga tentang membangun karakter dan semangat belajar yang tinggi,” ujarnya.

Perlombaan meliputi berbagai mata pelajaran seperti matematika, fisika, kimia, biologi, Geografi, dan Ekonomi. Para peserta bersaing secara sehat untuk menunjukan kemampuan terbaiknya. Dewan juri terdiri dari para akademisi dan ahli di bidang masing-masing, yang memberikan penilaian berdasarkan kriteria yang ketat.


Tim MAN 2 Kebumen turut andil dalam perlombaan KSM dengan mengikutsertakan 9 peserta dengan bidang keahlian yang berbeda. Enam siswa pada perlombaan individu dan 3 siswa dalam perlombaan beregu.


Kepala MAN 2 Kebumen, Drs. Warsam, M.Pd., mengungkapkan rasa bangganya atas keikutsertaan para siswa MAN 2 diajang bergengsi ini. “Kami sangat bangga dan bersyukur, pada kegiatan ini MAN 2 Kebumen dapat mengikutsertakan peserta dengan jumlah yang lumayan. Tentunya harapan besar sangat dicurahkan kepada mereka di kompetisi ini, kita doakan bersama agar kegiatan berlangsung lancar dan MAN 2 Kebumen kembali menorehkan prestasinya di KSM tingkat kabupaten” ungkap Warsam.


Ajang KSM di MAN 2 Kebumen diharapkan mampu  berjalan sukses dan meningkatkan kesan mendalam bagi para peserta. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berkembang dan menjadi isnpirasi bagi siswa-siswa madrasah untuk meraih prestasi di bidang sains.


“ rasa syukur juga saya sampaikan, alhmdulilah, MAN 2 Kebumen diberikan kepercayaan dapat menjadi tuan rumah dalam pembukaan ajang yang bergengsi ini KSM tingkat Kabupaten Kebumen” tambahnya.(Mn)

 

 

Post a Comment

Terimakasih berkenan untuk memberikan komentar pada tulisan ini. Mohon hargai sesama dan gunakan bahasa serta penulisan yang baik dan sopan. Beberapa komentar menunggu moderasi terlebih dahulu untuk dapat ditayangkan secara publik. ... salam hormat!

Lebih baru Lebih lama